Template Styles Style switcher

Colors

Background Image

BLOG /Fungsi Tools Pada Corel Draw

  • Syaifull Rully
  • 2762 views
  • Rabu, 19 Agustus 2020
  • Desain Grafis

Inilah Fungsi pada Program CorelDraw
CorelDraw juga mempunyai Tool yang bermacam - macam dan Fungsi yang berbeda - beda, di artikel sebelumnya kita telah membahas Fungsi Tool Pada Adobe Photoshop dan berikut ini penjelasan dari Fungsi Tool Pada CorelDraw.

 

 

Fungsi Toolbox Pada CorelDRAW

Pick Tool Corel
Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek.
Freehand Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek secara bebas.
Corel Shape Tool
Shape tool = berfungsi untuk mengedit objek berbentuk kurva. Smudge Brush tool = berfungsi untuk merubah objek vektor. Roughen Brush tool = berfungsi untuk merubah garis luar objek vektor. Free Transform tool = berfungsi untuk merubah objek dengan menggunakan Free Rotation, Angle Rotation, Scale dan Skew Tool. Smear tool, Twirl tool, Attact tool, Repel tool.
Crop tool
Crop tool = berfungsi untuk memotong atau menghapus objek. Knife tool = berfungsi untuk memotong objek. Eraser tool = berfungsi untuk menghapus objek. Virtual Segment Delete Tool = berfungsi untuk menghapus bagian dari objek diantara persimpangan.
Zoom tool = berfungsi untuk memperbesar tampilan. Pan tool = berfungsi untuk menggeser tampilan layar.
Freehand tool
Freehand tool = berfungsi untuk membuat garis secara bebas. 2-Point Line tool = berfungi untuk membuat garis tunggal tanpa kurva. Bezier tool = berfungsi untuk membuat kurva. Artistic media tool = untuk menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool. Pen tool = berfungsi untuk membuat gambar kurva. Polyline tool = berfungsi untuk membuat garis dan kurva. 3 Point Curve tool = berfungsi untuk membuat kurva dengan menentukan titik awal, akhir, dan titik tengah.
Smart Fill tool
Smart Fill tool = berfungsi untuk mewarnai objek. Smart Drawing tool = berfungsi untuk merubah coretan tangan menjadi garis lebih halus.
Rectangle tool
Rectangle tool =  berfungsi untuk membuat gambar berbentuk kotak. 3 point Rectangle tool = berfungsi untuk membuat kotak pada sudut tertentu.
Ellipse tool
Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran. 3 point Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran pada sudut tertentu.
Polygon tool
Polygon tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk polygon. Star tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk bintang. Complex Star tool = berfungsi untuk membuat gambar bintang banyak sisi. Graph Paper tool = berfungsi untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis yang sama. Spiral tool = berfungsi untuk menggambar spiral.
Basic Shape tool
Basic Shape tool = berfungsi untuk memilih bermacam-macam bentuk. Arrow Shape tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk panah. Flowchart Shapes tool = berfungsi untuk menggambar symbol flowchart. Banner Shapes tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk pita. Callout Shapes tool = berfungsi untuk membuat callout.
Text tool
Text tool = berfungsi untuk membuat teks / tulisan.
Table tool
Table tool = berfungsi untuk membuat tabel.
Parallel Dimension
Parallel Dimension = berfungsi untuk membuat garis dengan ukuran dimensi miring. Horizontal or Vertical Dimension = membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal. Angular Dimension =berfungsi untuk membuat garis ukuran segitiga. Segment Dimension = menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian. 3-Point Callout = berfungsi untuk membuat garis petunjuk/keterangan.
Straight-Line Connector
Straight-Line Connector = berfungsi untuk membuat konektor line / lurus. Right-Angle Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam. Right-Angle Round Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul. Edit Anchor = berfungsi untuk mengedit garis konektor.
Interactive Blend tool
Interactive Blend tool = berfungsi untuk mencampur dua objek. Interactive Contour tool = berfungsi untuk membuat bentuk garis luar pada objek. Interactive Distortion tool = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek. Interactive Drop Shadow tool = berfungsi untuk memberi bayangan sehingga objek terlihat timbul. Interactive Envelope = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek dengan cara mendrag node. Interactive Extrude = berfungsi untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek. Interactive Transparency tool = berfungsi untuk membuat objek menjadi transparan.
Color Eyedropper tool
Color Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih warna. Attributes Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih dan menyalin properti pada objek.
Outline tool
Outline tool = berfungsi untuk memberi garis dengan berbagai macam ketebalan garis.
Fill tool
Fill tool = berfungsi untuk memberi warna seperti warna gradasi, pattern, bubble dan lain-lain.
Interactive Fill tool
Interactive Fill tool = berfungsi untuk memberi warna dengan gradasi fill. Interactive Mesh tool = berfungsi untuk memberi warna gradasi fill dengan garis. 
 
 
Video mengenai fungsi tools dan penjelasan bisa dilihat di sini
 
 
Jika sudah membaca artikel ini, jangan lupa mengisi daftara hadir ya

Guru Bahasa Inggris, Seni Budaya, Dasar Desain Grafis, dan Sistem Komputer. Pembina Paduan Suara, Admin Web dan Media Publikasi SMK Tamtama Karanganyar.

1 COMMENTS
LEAVE A COMMENT
Fotografi Terbaru